Kamis, 21 Maret 2013

RAGI KOMPOS


Sebagai ragi/bio-aktivator/pendekomposisi untuk membuat/memproses bahan organik/bahan kompos (kotoran Sapi, kotoran Kambing, kotoran Kuda, Kotoran Ayam, kotoran Bebek, sisa-sisa hijauan, dan sejenisnya) secara lebih mudah, praktis, murah, hemat dan cepat dengan kualitas hasil kompos tinggi (kompos Plus).
Pemprosesan dengan Ragi Kompos hasil komposnya akan dapat menghemat tenaga dan waktu, biaya, serta tanaman menjadi lebih subur berkualitas, bau kotoran di kandang jauh berkurang sehingga kebersihan dan kesehatan kandangpun terjaga.

KEUNTUNGAN

Murah dan Ekonomis > 1 botol (500 gr) Ragi Kompos dapat untuk membuat 1.000 - 1.500 kg bahan kompos.
Mudah dan Praktis    > Cukup Ragi Kompos dengan bahan dasar kompos tanpa perlu penambahan bahan-bahan  campuran lainnya yang kadang malah membuat repot.
Efisien dan Hemat > Berhemat atas biaya transportasi dan tenaga kerja, dibanding pemakain pupuk kandang tradisional/konvensional
Cara Mudah Membuat Kompos Berkualitas
  1. Tumpuk bahan dasar kompos setinggi ±10 cm, siramkan Ragi Kompos yang telah dicampur dengan air secukupnya, jika bahan sudah basah campuran air+Ragi Kompos cukup sedikit saja (campuran dibuat pekat).Tumpuk lagi dengan bahan setinggi ± 10 cm, siramkan Ragi Kompos, demikian seterusnya sampai bahan habis. Usahakan tinggi tumpukan minimum 75 cm.
  2. Tumpukan diaduk sambil disiram dengan air agar campuran menjadi rata (homogen). Pastikan kelembapan campuran berkisar 50%-60% (kepal bahan kompos dengan tangan, jika dibuka bahan tidak pecah & masih membentuk gumpalan sserta apabiladiperas air tidak menetes, berarti kelembapan sudah sesuai). Tutup tumpukan bahan kompos tersebut dengan mulsa (karung plastik, terpal, jerami dlsb) dan buiarkan selama kurang lebih 3 minggu dalam proses pengomposan.
  3. Pertahankan kelembapan berkisar pada 50%-60% selama proses pengomposan, tambahkan air bila kondisi media terlalu kering. Setelah 3-4 minggu (bergantung pada bahan yang dikomposkan) Proses pengomposan telah selesai dengan ditandai kompos berwarna coklat cerah atau coklat kehitaman, serta tak berbau dan muncul kapang/jamur berwarna merah, kelabu, putih atau kuning.
Penggunaan untuk Pupuk Dasar
Campur ± 25 gram (satusendok makan) Ragi Kompos dalam 10-20 liter air. Aduk dan tutup rapat serta diamkan ± 2 jam, setelah itu aplikasikan dengan cara disiramkan pada lahan sebelum ditanami atau paling lambat ± 3 minggu setelah tanam. dibutuhkan dosis 5 botol Ragi Kompos untuk setiap hektar lahan.

Anjuran

  • Metode penutupan dengan terpal dan sejenisnya dimaksudkan agar proses pengomposan dapat terjadi lebih cepat.
  • Apabila menginginkan penampilan kompos remah/gembur maka dapat dilakukan pembalika setiap minggu sekali.
  • Dapat dibuat langsung di kandang, dengan cara setiap kali akan membersihkan kotoran, siramkan larutan Ragi Kompos terlebih dahulu, baru kemudian ditumpukdipinggir kandang. Lakukan berulang kali samapi dicapai tumpukan dengan ketinggian tertentu. Biarkan Ragi Kompos bekerja. Setelah 3 minggu bahan telah menjadi kompos dan siap digunakan.
  • Dosis pemberian pada berbagai tanaman pangan, perkebunan dan hortikultura adalah 10% sampai 30% dari dosis penggunaan pupuk kandang konvensional/tradisional.
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Simpan ditempat kering, hindari sinar Matahari langsung dan cairan.
Macam bahan Dasar Kompos dan waktu pemprosesannya: 
  1. Sapi, Kerbau, Kuda & sisa hijauannya (rapen) = ± 3 minggu.  
  2. Kambing, Domba & sisa hijauannya = ± 3 minggu.  
  3. Unggas Petelur = ± 6 minggu.  
  4. Unggas Pedaging = ± 6 minggu 
Kandungan:
Nutrien activator, Growth promotor, probiotic microbes obligat facultatif dalam kondisi dorman: Acetobacter, aspergilus niger, Rhizobium sp, Rhizophus sp. proteolitik, amilolitik, selulolitik, pelarut phosphate, pengikat Nitrogen bebas, trichoderma sp, Gliocladium sp.

1 komentar:

  1. lUAR BIASA......PENEMUAN YANG AMAT BERGUNA BAGI PETANI.PATUT DI COBA

    BalasHapus